Soccer Player 5

Sunday 3 June 2018

WAP dan WWW


WAP dan WWW

Hallo semua, apa kabarnya? Sudah lama saya tidak upload materi ke dalam blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa pembahasan menarik yaitu tentang WAP dan WWW.

 Definisi
WAP adalah singkatan dari Wireless Application Protocol, yaitu protokol yang digunakan pada handphone atau PDA untuk mengakses fasilitas WAP, mengakses Internet dengan format teks. Situs internet yang dapat diakses harus merupakan situs dengan fasilitas WAP.
WWW merupakan kepanjangan dari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.

B.                 Fungsi dan Penggunaan
Contoh Penggunaan WAP :
·          Informasi jadwal keberangkatan penerbangan
·          Transaksi pembelian tiket
·          Pendaftaran keberangkatan pesawat
·          Informasi lalu lintas
·          Daftar informasi kondisi cuaca
·          Informasi nilai stok
·          Mencari informasi nomor telepon atau alamat
·          Informasi artis atau selebriti
·          mencari informasi sari dunia maya
·          Penge-hackan
Contoh Penggunaan WWW
Fungsi WWW secara garis besar adalah sebagai penyedia data dan informasi yang diperlukan oleh pengguna internet. WWW secara langsung menghubungkan pengguna internet ke berbagai macam web server sehingga pengguna bisa mengakses data, dokumen, dan berbagai macam informasi. Secara umum, terdapat empat layanan WWW, yaitu web mail service, search engine, web hosting, dan portal.
·          Web Mail Service. Dari mulai berkirim surat pribadi, surat untuk melamar pekerjaan, hingga untuk kepentingan bisnis, kini hampir semua orang membutuhkan layanan web mail service untuk bisa berkirim surat elektronik secara gratis. Pilihannya pun kini semakin banyak, Anda bisa membuat akun pribadi di beberapa situs web yang tersedia, seperti www.yahoo.com, www.gmail.com, dan sebagainya.
·          Search Engine. Dengan membludaknya jumlah website yang kini diperkirakan telah mencapai ratusan juta situs, maka ketika mencari tahu tentang suatu hal, orang akan sangat terbantu dengan keberadaan search engine, alias mesin pencari. Cukup ketikkan kata kunci terhadap hal yang ingin Anda cari, maka mesin pencarilah yang akan menampilkan ribuan website yang mengandung kata kunci tersebut, sehingga mempermudah pencarian Anda. Beberapa contoh mesin pencari yang populer adalah Google, Yahoo Search dan Bing.
·          Web Hosting. Web hosting bagaikan sebuah tempat yang disewakan di dunia maya sehingga pengguna internet dapat menempatkan website pribadi miliknya. Beberapa web hosting ada yang menawarkan fasilitasnya dengan gratis (semisal platform website atau platform blog milik Blogger.com atau WordPress.com), dengan ketentuan biasanya alamat domainnya lebih panjang, misalnya anda ingin membuat blog/website di kedua platform tersebut, maka alamat domain anda akan menjadi deffanah.blogspot.com atau deffanah.wordpress.com.
·          Portal. Salah satu contoh portal adalah www.yahoo.com. Di dalam sebuah portal, terdapat berbagai macam layanan sekaligus, misalnya untuk kasus yahoo, selain email (Yahoo Mail), terdapat pula layanan berita (Yahoo News), chatting (Yahoo Messenger), tanya jawab (Yahoo Answer) dan lain sebagainya.

C.                 Perbedaan WEB dan WAP
WEB
·          Menggunakan jaringan kabel tetap karena lebih ditujukan untuk pengguna yang memiliki mobilitas rendah atau mereka yang
·          Tidak berpindah tempat.
·          Komputer sebagai terminal data di sisi pengguna, biasa digunakan dalam keadaan diam.
·          Kapasitas memori komputer cenderung sangat besar.
·          Ukuran layar display komputer sangat besar.
·          Pemrograman dalam bahasa HTML (Hyper Text Markup Language)
WAP
·          Menggunakan jaringan tanpa kabel (radio) karena lebih ditujukan untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi atau mereka yang banyak berpindah tempat.
·          Telepon genggam (HP) sebagai terminal di sisi pengguna, biasa digunakan dalam keadaan bergerak.
·          Kapasitas memori telepon genggam (HP) cenderung kecil.
·          Ukuran layar display telepon genggam (HP) sangat kecil.
·          Pemrograman dalam bahasa WML (Wireless Markup Language)

Referensi :

0 comments:

Post a Comment