Soccer Player 5

Thursday 19 January 2017

TUGAS V-CLASS 2 KOMUNIKASI DIGITAL

1.       Apa yang anda ketahui tentang QAM (Quadrature Amplitudo Modulation) ?
Jawab :
Quadrature Amplitudo Modulation atau yang dikenal dengan singkatan QAM merupakan suatu cara pentransmisian pada laju bit-bit ang lebih tinggi pada saluran/kanal dengan lebar pita yang terbatas. Contohnya yaitu kumpulan sinyal QAM 16 titik memungkinkan 9600 bit/detik ditransmisikan pada saluran telepon dengan lebar pita 2700 Hz. Sinyal-sinyal yang dihasilkan dari keadaan tersebut dinamakan Qudarature Amplitudo Modulation atau QAM.
           QAM juga merupakan bentuk modulasi yang banyak digunakanan untuk modulasi sinyal data ke sebuah pembawa yang digunakan untuk komunikasi sinyal radio. QAM adalah sinyal di mana sinyal dua pembawa bergeser 90 derajat yang dimodulasi dan output yang dihasilkan terdiri dari keduanya yaitu variasi amplitudo dan variasi fase.
2.       Jelaskan tentang 4-QAM ( 1 amplitude,  4 phases) !
Jawab : 4 QAM (4 fase, 1 amplitudo)
                       QAM 4 keadaan merupakan teknik encoding M-er dengan M=4, di mana ada 4 keluaran QAM yang mungkin terjadi untuk sebuah frekuensi pembawa. Karena ada 4 keluaran yang berbeda, maka harus ada 4 kondisi masukan yang berbeda. Karena masukan sinyal digital ke QAM modulator adalah sinyal biner, maka untuk memperoleh 4 kondisi masukan yang berbeda diperlukan lebih dari satu bit masukan. dengan memakai 2 bit masukan, maka diperoleh 4 (22) kondisi yang mungkin: 00, 01, 10, 11 data masukan biner digabung menjadi kelompok dua bit.

3.       Jelaskan tentang 8-QAM (2 amplitudes, 4 phases) !
Jawab : 8 QAM (4 fase, 2 amplitudo)
QAM 8 keadaan adalah teknik encoding M-er dengan M=8. Dengan QAM 8 keadaan keluaran yang mungkin untuk satu frekuensi pembawa. Untuk memperoleh 8 kondisi masukan yang berbeda maka data masukan biner digabung menjadi 3 kelompok bit yang disebut "Tribit" (2^3 = 8). Masing-masing kode tribit menghasilkan salah satu keluaran ang mungkin. Masukan bit serial mengalir pembelah bit di mana mengubah ke bit paralel, menjadi keluaran tiga kanal (kanal I atau kanal 'in-phase', kanal Q atau 'in quadrature', dan kanal C atau 'control'). Sehingga laju bit pada masing-masing kanal menjadi sepertiga laju data masukan (fb/3). Bit kanal I dan C menuju converter kanal I dan bit di kanal Q dan C menuju converter kanal Q. Converter '2 to 4 level' adalah DAC dengan masukan paralel masukan 2 bit, ada 4 tegangan keluaran yang mungkin.

4.        Sebutkan empat keuntungan dari jaringan wireline (kabel) !
Jawab :
Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektronik. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Jaringan komputer wireline bekerja dengan menggunakan kabel-kabel sebagai penghubung antarkomputer.
Kabel yang dapat digunakan adalah kabel coaxial, twisted pair dan serat optik. Pada setiap komputer harus dilengkapi dengan kartu antarmuka yang disebut dengan NIC (Network Interface Card) atau LAN (Local Area Network). Jaringan kabel biasanya digunakan pada area yang kecil, misalnya dalam satu ruangan dan gedung. Setiap komputer yang terhubung dalam jaringan memiliki MAC Address atau IP Address (Internet Protocol) yang berbeda-beda.
Keunggulan Jaringan Wireline
- Transmisi data 10 s.d. 100 Mbps,
- Delay atau waktu koneksi antarkomputer cepat,
- Transmisi data berjalan dengan lancar
- Biaya peralatan terjangkau
5.       Sebutkan lima kelemahan dari jaringan wireless (nirkabel) !
Jawab :
Wireless merupakan sebuah teknologi jaringan komputer yang sangat banyak diperbincangkan dan banyak diaplikasikan mulai era 90-an. Manfaat jaringan komputer yang berpengaruh pada perubahan dunia seperti sekarang ini memiliki peranan penting, karena menghubungkan banyak orang di seluruh dunia.
Wireless sendiri mengacu pada sebuah teknologi yang memungkinkan sesuatu diteransmisikan tanpa menggunakan kabel sebagai penghantar. Wireless yang merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer  guna syarat utama dalam perangkat untuk mengakses internet ini menjadi alternatif nomor satu untuk user.
Dalam hal ini, yang ditransmisiskan adalah paket data di dalam sebuah jaringan komputer. Jaringan wireless atau nirkabel menggunakan udara sebagai penghantar transmisi data, sehingga bisa dibilang bahwa jaringan wireless secara kasat mata berada di sekeliling kita, dan menjadi bagian di dalam ruang udara yang kita tempati saat ini.
Kekurangan Jaringan Wireless

·        Instalasi dan pengembangan yang biayanya cukup mahal
Salah satu hal yang membuat wireless memiliki kekurangan adalah biaya implementasi dan modal yang cukup tinggi. Bagi sebuah perusahaan telekomunikasi biasa, penggunaan wireless memiliki beban yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pembangunan sebuah jaringan berbasis kabel.
Terlebih pada jaringan MAN yang memiliki cakupan luas untuk perkantoran yang memiliki tempat yang luas. Fungsi WAN itu sendiri dapat membuat jaringan lebih baik meski tanpa kabel namun dengan transmisi yang tetap terjaga.

·        Peralatan atau perangkat keras jaringan yang masih tinggi harganya
Perangkat keras yang memiliki kemampuan jaringan wireless juga tentu saja memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan perangkat keras jaringan yang menggunakan kabel.
Coba saja anda bandingkan wireless modem atau router dengan router dan juga modem yang masih menggunakan teknologi jarignan kabel. Sudah pasti harga modem dan juga router yang menggunakan teknologi wireless memiliki harga yang jauh lebih mahal dan juga lebih tinggi.

·        Kekuatan sinyal sangat tergantung dengan kondisi cuaca
Kelemahan atau kekurangan lainnya pada teknologi jaringan wireless adalah kemampuan memancarkan sinyalnya yang tergantung dengan kondisi cuaca. Apabila cuaca sedang buruk, maka hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi proses transmisi data pada sebuah jarngan wireless.
Hal ini disebabkan karena jaringan wireless memanfaatkan udara sebagai penghantar transmisis data, sehingga sudah pasti ketika terjadi sesuatu terhadap kondisi cuaca dan juga udara, hal ini akan mengganggu proses transmisi data, yang bisa kita alami berupa sinyal yang tidak stabil, dan sebagainya.

·      Kekuatan sinyal dipengaruhi oleh lingkungan fisik dan penghalang, seperti tembok
Kekurangan lainnya dari sebuah jaringan wireless adalah kekutan sinyal yan terkadang dipengaruhi oleh kondisi fisik dan lingkungan sekitar. Contohnya adalah lingkungan dengan kondisi tembok – tembok yang tinggi dan tebal. Ataupun sebuah lingkungan yang berada di sekeliling gedung pencakar langit.
Adanya penghalang berupa tembok – tembok tersebut akan menyebabkan kualitas sinyal dan juga proses transmsisi data pada sebuah jaringan wireless akan memburuk. Merupakan salah satu kelemahan utama dari sebuah jaringan wireless, dimana sebuah lokasi yang dikelilingi oleh tembok tinggi akan mengalami gangguan dan juga kendala dalam proses transmisi data nya.

·        Keamanan data rentan

Karena komunikasi yang satu ini paling banyak di pakai, jadi keamanan data rentan.

0 comments:

Post a Comment